TIPS MEMBUAT CV

TIPS MEMBUAT CV

Berikut beberapa tips membuat CV

1. nama lengkap, kota tinggal, (DOB butuh karena kita perlu tau lo se tua apa dan bakal jauh apa ngga ke kantor.)
berikut dengan 1 paragraf deskripsiin diri lo sendiri.

2. Email, linked in, WA. dan kalau bergerak di bidang design, Instagram *sebenernya ga harus instagram, tapi preferebly instagram kalo sekarang*. yes, kita bakal stalk Sosmed lo. *plus point kalo lo punya website sendiri lengkap dengan achievement lo.

-inilah pentingnya wibu punya 2 facebook atau pake nama alias, saudara2 \\:(. Kalau sosmed lo isinya ga karuan, mereka bakal ilfeel.

3. Reference person contact/phone number, atau orang yang bisa ngerekomendasiin lo kerjanya kayak apa, dan sedeket apa lo sama orang2 penting di kantor lo yang dulu. (siapa tau lo ngibul waktu bikin CV/wawancara).

4.Education. udah ga perlu tau lo SD SMP TK dimana, ga usah dituliss. cukup SMA, S1, S2. S3 kalo ada, D3, dll.

5. working experince, tulis jabatan, nama perusahaan/PT yang jelas. harus chronological juga, jangan lo tulis 2009, tiba2 2014, terus 2012.

-kalau lo bukan freelancer, ngga usah bangga naro PT banyak banyak, ada beberapa perusahaan yang ilfeel sama karyawan macem katak, lompat2 keluar masuk dari perusahaan ke perusahaan lainnya dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, mereka bakal mikir lo ngga loyal dan ga punya komitmen \\:/

6. Project yang lo lakuin, BANGGAIN, dan HARUS berhubungan sama posisi yang mau lo lamar, (masa iya lo mau jadi orang marketing, tiba2 lo nulis lo pernah project cosplay?)

((jadi kalo kita biasanya di business, tiba2 mau lamar arsitektur harus beda kak CVnya?! Oh ya jelas.))

7. Technical skills, etos kerja. gue bisa 10 bahasa, gue bisa semua adobe software, gue bisa pake excel, word lalalala semua masukin.

-ini akan lebih baik kalo lo punya bukti yang credible, contohnya, ngaku bisa bahasa jerman? akan lebih baik kalo lo punya sertifikat A2 Goethe Institute, bisa bahasa inggris? akan lebih baik kalo lo punya sertifikat TOEFL. personally, menurut gue GA HARUS lo scan dan lampirin, soalnya takut amit2 di salah gunain sama orang. tapi yang penting lo bisa mempertanggung jawabkan apa yang lo tulis, dan begitu dia minta data kongkrit, lo bisa nunjukin.

-Kalo lo tulis skill, ngga usah pake bar progress/ atau bintang, atau rating 1,2,3,4,5. soalnya mungkin lo 5 dimata lo sendiri dan ngerasa jago, padahal siapa tau di mata atasan lo nanti, lo cuma \"2\" atau \"1\". ngga usah pakai ukuran kalo ukurannya ga jelas, daripada lo jadi ga sesuai ekspetasi.

8. kalo lo artist. ingat, CV bukan portfolio. tolong dipisah.

9. kalo lo bukan orang design, ngga perlu cantik2 amat, asal ga TLDR dan rapi, udah cukup. yang kita nilai experience lo, bukan designnya.

10. ASTAGA TOLONG TULIS COVER LETTER LA. JANGAN EMAIL ISINYA CV pake PDF doang terus kirim ga pake halo. :(((( *CVNYA JANGAN PAKE DOC WORD GAES. PDF. INGET PDFFFF*

extra tip : tolong kalo perusahannya bergerak di brand product beneran gede, ga usah taro2 illustrasi style anime, fix diketawain lo sama Creative director. (True story).

extra. extra tip : tapi aku ga pernah kerja di kantor kak!? kan baru lulus kuliah / masih kuliah?!
-> project kampus is ok kok!

N.b. lo lulus tahap pemisahan CV belum tentu selamat pas interview.